Mengenal Fintech: Persiapan Menghadapi Layanan Digital Keuangan

oleh: Arridha Harahap, M.E.I

Perkembangan teknologi saat ini banyak memberikan kemudahan dalam transaksi sehari-hari. Layanan digital keuangan pertama kali yang diterapkan oleh perbankan adalah dengan menyediakan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) sebagai salah satu bentuk kemudahan yang dihasilkan oleh teknologi. Dengan adanya ATM, masyarakat diberi kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan tanpa harus mendatangi bank tersebut. Inovasi lain yang dilakukan oleh perbankan adalah dengan menyediakan layanan internet banking dan mobile banking bagi nasabahnya. Sehingga, nasabah dapat melakukan transaksi keuangan di mana saja dan kapan saja.

Beberapa tahun belakangan ini, muncul bentuk inovasi baru dari layanan digital keuangan yaitu Financial Technology. Jika dipisahkan, financial berarti keuangan dan technology berarti teknologi. Secara awam, financial technology adalah bentuk layanan keuangan yang menggunakan teknologi modern. Layanan ini lebih dikenal dengan sebutan Fintech.

Cikal bakal munculnya fintech adalah kemajuan di bidang teknologi industri. Berkembangnya komputer dan jaringan internet tahun 1966 membuka peluang dalam pengembangan bisnis secara global. Selain itu, pencatatan data bank dengan menggunakan jaringan komputer tahun 1980-an juga turut andil meletak dasar perkembangan fintech. Ditambah lagi bank yang memunculkan layanan online banking untuk nasabahnya, membuat fintech semakin mudah dan dikenal oleh masyarakat. Melakukan transaksi keuangan menjadi lebih praktis. Jika biasanya layanan keuangan dilakukan secara offline, kini beberapa transaksi keuangan bisa dilakukan secara online. Inilah yang membuat fintech semakin berkembang.

Ada beberapa jenis fintech yang hadir di Indonesia. Beberapa diantaranya bergerak pada bidang pembayaran, peminjaman, investasi, perencanaan keuangan hingga riset keuangan. Berikut beberapa jenis fintech yang ada di Indonesia beserta contoh produknya:

1. Pembayaran

Layanan keuangan ini memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan pembayaran seperti belanja online, pembayaran tagihan listrik/PAM/telepon, atau bentuk pembayaran lainnya. OVO, DoKu, Kartuku merupakan beberapa contoh perusahaan yang menyediakan layanan keuangan ini.

2. Peminjaman

Jika para wirausaha bingung untuk melakukan pengumpulan modal dalam memulai usahanya, maka layanan peminjaman ini dapat menjadi solusinya. Beberapa perusahaan yang menyediakan layanan ini adalah TemanUsaha.com, BosTunai dan Kitabisa.com

3. Investasi

Bagi masyarakat yang gemar melakukan investasi, layanan keuangan ini akan membantu untuk melakukan investasi tanpa bertemu langsung dengan penjual surat berharganya. Bareksa dan IpotFund bisa menjadi alternative dalam melakukan investasi online.

4. Perencanaan keuangan

Sesuai layananannya perencanaan keuangan, maka pada layanan jenis ini masyarakat diberikan kemudahan untuk dapat berkonsultasi untuk mengatur atau merencanakan keuangan secara online. Salah satu perusahaan yang menyediakan layanan ini adalah Finansialku.com

5. Riset keuangan

Pada layanan riset keuangan, masyarakat akan diberikan informasi dan berita terkini berupa data-data yang diperlukan sebelum melakukan investasi. Infovesta.com merupakan perusahaan yang bergerak dibidang riset keuangan online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *