Kajian Islam di Sumut #1: Geneologi Ulama Sumut dan Syaikh Arsyad Thalib Lubis

Selasa, 13 November 2018, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ar-Raudlatul Hasanah memulai kegiatan Pusat Studi Naskah Ulama Nusantara (PuSNUN) yang digagas H. Ahmad Fauzi Ilyas, Lc., M.S.I,¬†Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dan penulis buku¬†Warisan Intelektual Ulama Nusantara, untuk mengkaji kiprah dan kontribusi ulama Sumatera Utara dalam perkembangan Islam. Dalam kesempatan kajian yang pertama ini, dihadirkan juga Dr. Ja’far, M.A, dosen pascasarjana UIN Sumatera Utara, untuk mengkaji salah satu nama ulama, yaitu Syaikh Arsyad Thalib Lubis, yang lebih dikenal dipanggil murid-muridnya dengan sebutan Tuan Arsyad.

Kajian yang dilaksanakan di gedung al-Azhar pesantren Ar-Raudlatul Hasanah tersebut dihadiri oleh dosen, asatidz, dan mahasantri-mahasantriwati STIT Ar-Raudlatul Hasanah. Meskipun terbuka untuk umum, peserta-peserta yang berasal dari luar terkendala oleh hujan lebat yang turun sebelum acara berlangsung. Namun demikian, kegiatan tetap berlangsung hangat dari pukul 16.30 -18.10 WIB. Sesi pertama disampaikan oleh Dr. Ja’far untuk membahas biografi intelektual Tuan Arsyad, untuk kemudian di sesi kedua disampaikan Geneologi Ulama Sumut oleh H. Ahmad Fauzi Ilyas, Lc., M.S.I.

Kegiatan kajian ini dijadwalkan untuk dilaksanakan setiap selasa dengan menghadirkan pembicara-pembicara yang memang konsen meneliti perihal keberadaan ulama di Sumatera Utara.

Rekamannya dapat dilihat di

 

One thought on “Kajian Islam di Sumut #1: Geneologi Ulama Sumut dan Syaikh Arsyad Thalib Lubis”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *